Workshop Pembelajaran Pendekatan SCL oleh Pusat Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran (Pusat PMPP)

Palu, 24 Juni 2024 – Pusat Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran mengadakan kegiatan Workshop Pembelajaran Pendekatan Student Centered Learning (SCL) bertempat di Ruang Senat FKIP hari ini.

Kegiatan diawali dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Tadulako, kemudian dilanjutkan denganĀ  laporan panitia yang dibawakan oleh Kepala Pusat PMPPP, Dr. Afadil, S.Pd., M.Si .

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan kegiatan oleh Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP), Prof. Dr. Zakiyah Zahara, S.E., M.M. yang mengungkapkan pendekatan Student Centered Learning (SCL) menjadi penting dalam sistem pendidikan di Indonesia sesuai kebijakan Kemendikbudristek karena mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab belajar, mendukung pembelajaran yang lebih personal dan relevan, serta meningkatkan kolaborasi dan keterampilan sosial mahasiswa. SCL juga mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, mendukung Kurikulum Merdeka Belajar, dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan masa depan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang adaptif terhadap perubahan.

Materi Kegiatan Workshop Pembelajaran Pendekatan SCL dibawakan oleh Dr. Ir. Amiruddin Kade. M.Si selaku narasumber pada kegiatan Hari ini.

Dalam Materinya Narasumber memberikan bimbingan dalam pembawaan pembelajaran SCL kepada para pengajar yang merupakan tenaga pendidikan yang akan mengajar para mahasiswa di Universitas Tadulako.

Dalam pembawaan materinya menekankan pendekatan Student Centered Learning (SCL) penting sesuai kebijakan Kemendikbudristek karena mendukung Outcome Based Education (OBE) dengan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kemandirian, keterampilan sosial, dan adaptasi teknologi. SCL mempersiapkan mahasiswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan siap menghadapi tantangan masa depan. Usai pemnyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab dan pemberian masukanĀ  untuk menjawab pertanyaan yang mengganjal benak dan menyampaikan asipirasi para peserta kegiatan workshop.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi kelompok. Para peserta kegiatan Workshop Pembelajaran Pendekatan SCL dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berembuk bersama dan berdiskusi mengenai Instrumen Monev Pendekatan SCL dengan berbagai Aspek dari kelompok yang dibagi.

Diharapkan kegiatan Workshop Pembelajaran Pendekatan Pembelajaran Berbasis Mahasiswa alias SCL (Student Centered Learning) berjalan sukses sebagai upaya Universitas Tadulako untuk terus memutakhirkan kurikulum berlaku yang telah ditetapkan KEMENDIKBUDRISTEK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *